Sambut Tahun Baru Islam, Desa Sojomerto Baru Gelar Sedekah Bumi

Kabar Desa

sojomerto.desa.id-Desa Sojomerto Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal, menggelar sedekah Bumi yang berlangsung di Dusun Jumbleng Desa Sojomerto Sabtu Malam (31/08/2019) Pukul 19.30 WIB.

Sedekah bumi tersebut, diadakan dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 muharam 1441 Hijriah Tahun 2019 Masehi. Kiai Nur Kholiq dalam kesempatan itu mengatakan, Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa. yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sebenarnya sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa,yang biasa disebut dengan Suroan. Dalam momentum ini juga mari kita tingkatkan Keimanan serta Ketakwaan kita kepada Allah SWT, dan mari perbaiki diri kita untuk lebih baik lagi. “Semoga dengan sedekah bumi ini, kedepannya hasil bumi kita lebih banyak lagi dan masyarakat Desa Sojomerto menjadi makmur.” tuturnya.

Gunungan hasil bumi beserta pusaka diarak mengelilingi dua dusun diiringi music rebana tradisional dan modern dengan mengumandangkan gema sholawat sepanjang perjalanan. Masyarakat begitu antusias, terlihat dari banyaknya warga yang turut serta mengikuti kegiatan tersebut.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan