Buah Manis Silatnas PPDI

Kabar Desa Pemerintahan

Minggu, 14 Januari 2019, Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo beserta Kepala Staf Keprisedenan Jendral (Purn) Moeldoko dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, SH menghadiri Silaturrahmi Nasional PPDI ( Persatuan Perangkat Desa Indonesia ) di Istora Senayan Jakarta. Pertemuan ini sengaja digelar atas permintaan para perangkat desa untuk membahas standarisasi kesejahteraan perangkat desa dan pengangkatan perangkat desa sebagai PNS.

Diawal sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan “rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh perangkat desa, atas kerjanya siang dan malam untuk melayani masyarakat.” Kemudian dilanjutkan perihal perhatian pemerintah pusat berkaitan dengan pemerintahan desa bahwa : pemerintah pusat memberikan dana bantuan kepada desa di tahun 2015 sebesar 20,7 triliun rupiah, tahun 2016 sebesar 47 triliun rupiah, tahun 2017 dan 2018 sebesar masing-masing 60 triliun rupiah dan tahun 2019 sebesar 70 triliun rupiah dengan total semuanya hingga mencapai angka 257 triliun rupiah yang digelontorkan kepada 74 ribu pemerintah desa yang ada di seluruh Indonesia.

Beliau juga menitipkan kepada pemerintah desa agar dana sebesar 257 triliun rupiah selalu berputar di desa-desa. karena dalam sistem ekonomi ketika suatu wilayah dengan perputaran uang yang banyak, bisa dianggap wilayah tersebut sejahtera/maju.

Presiden Jokowi diakhir sambutannya. “Penghasilan Tetap Perangkat Desa segera disetarakan dengan ASN Golongan IIa dan PP ( Peraturan Pemerintah ) Nomor 43 dan 47 diperintahkan direvisi paling lama 2 (dua) minggu setelah hari ini. tukasnya. Saat itulah teriakan riuh puluhan ribu perangkat desa menggema di Istora Senayan Jakarta.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan