Rakor PTSL BPN dan Pemdes

2019 Kabar Desa

BPN ( Badan Pertanahan Nasional ) Kabupaten Kendal mengadakan rapat koordinasi dengan aparatur Pemerintah Desa Sojomerto di Balai Desa Sojomerto pada kamis, 3 Januari 2019 terkait dengan PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ) adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) yang tengah digencarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan mampu mendorong pergerakan dan kemajuan ekonomi masyarakat bawah. Sebab, sertifikat yang dimiliki oleh masyarakat bisa menjadi barang berharga yang bisa mereka agunkan kepada pihak bank dan lembaga keuangan.

Selain untuk kemajuan Ekonomi, ini sudah terbukti bisa meminimalisasi konflik pertanahan masyarakat, khususnya bagi masyarakat Desa Sojomerto. Sertifikat bisa menjadi bukti kuat kelegalitasan kepemilikan tanah dan sadar dalam menentukan batas batasan tanah.

sumber sukamanah

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan